apasih bedanya micro sd, SDHC, SDXC, mana yang paling bagus

sugeng
apasih bedanya micro SD, SDHC, SDXC, mana sih yang palin bagus - mungkin banyak teman teman yang merasa bingung dan penasaran ketika akan membeli sebuah memori card, ketika sampai di toko tempat beli memory card tersebut banyak sekali memory card yang ditawarkan dengan harga dan fitur beragam pula. 

ada yang menawarkan kecepatan 48 mb/s ada juga yang 80 mb/s, selain itu biasanya juga dalam label memory card yang akan kita beli terdapat tulisan Micro SD, SDHC, SDXC. lha terus apa bedanya coba ? hehehe

apa itu memory sd card

sd card adalah sebuah memory dengan bentuk yang kecil namun memiliki kapasitas penyimpanan dan kecepatan baca tulis yang beragam, biasanya kecepatan nya di pengaruhi oleh class dari sdcard tersebut. 

penggunaan sd card saat ini sudah seperti kebutuhan utama dari setiap perangkat elektronik, coba deh liat handphone kalian, pasti ada memory tersebut. ya kan ? heheh

secara fisik ukuran dari memory sdcard ini hanya sekitar 24 x 34 mm saja dengan ketebalan 2 mm, kartu sd card singkatan dari Secure disk karena telah memiliki fitur content protection for recordable media (CPRM) fungsinya yaitu untuk melindungi dan mencegah pembajakan media dan adanya write protect tab yang berfungsi untuk mencegah penghapusan memory secara tidak sengaja. 

micro sd
yang kita bahas pertama yaitu micro sd, micro secure disk biasanya memilki kapasitas memory penyimpanan sebanyak 2 gb kebawah, jenis memory ini dapat digunakan untuk handpohone dan table maupun perangkat lainnya seperti kamera, mp3 player dll.

memory micro SDHC
memory dengan jenis micro sdhc ini merupakan pengembangan dari memory micro sd biasa, pada jenis ini kapasitas penyimpanan menjadi lebih besar,  oh ya kode HC disini merupkan singkatan dari high capacity.  

jadi buat kalian yang butuh memory dengan kapasitas lebih besar bisa menggunakan ti SDHC ini.  bmemory jenis ini tersedia sampai dengan kapasitas 32GB, wahh sudah terlihat jelaskan bedanya.untuk format yang digunakan masih menggunakan FAT32.

memory micro SDXC
salah satu varian lainnya yaitu memory micro SDXC, kata XC disini merupkan singkatan dari Xtended capacity.

jenis micro sd yang satu ini memiliki kemampuan penyimpanan yang sangat besar yaitu dari 32 GB sampai dengan 2TB.


note : sebelum membeli memory card ada baiknya kalian tahu apasih perbedaan dari jenis jenis memory tersebut, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan kalian, selain itu dalam dunia micro sd dikenal juga class memory card, yang mempengaruhi kecepatan baca tulis dari memory tersebut.

artikel selengkapnya akan saya posting di artikel selanjutnya keep stay on zona android biar makin kece. hehehe
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »